Tuesday, January 9, 2018

Resensi Film Korea Pure Love ( Unforgetable) Lengkap



1991 Yang Terkenang



Judul Film                   : Pure Love/Unforgetable
Penulis                         : Han Chang-Hoon, Lee Eun-Hee
Direktor                       : Lee Eun-Hee
Produser                      : Jung Moon-Goo, Bang Mi-Jung, Joo Pil-Ho
Sinematografer            : Lee Joon-Gyoo
Tanggal Rilis               : 24 Februari 2016
Durasi                          : 133 menit
Genre                           : Melo Drama
Distributor                   : Little Big Picture
Bahasa                         : Korea
Negara                         : Korea Selatan
Tokoh                          :
          1.)       Do Kyung-Soo            sebagai                        Beom-Si
          2.)       Kim So-Hyun              sebagai                        Soo-Ok
          3.)       Yeon Jun-Sook            sebagai                        San-Dol
          4.)       David Lee                   sebagai                        Gae-Dook
          5.)       Joo Da-Young             sebagai                        Gil-Ja
          6.)       Park Hae-Joon            sebagai                        Min-Ho
          7.)       Kim Ji-Ho                   sebagai                        Gil-Ja (Dewasa)
          8.)       Park Young-Woo        sebagai                       Hyung-Joon/Beom-Sil (Dewasa) 
          9.)       Lee Dae-Yeon             sebagai                        Ayah Soo-Ok
10.)     Hwang Suk-Jung        sebagai                        Ibu Gae-Dook
11.)     Park Jung-Min            sebagai                        Yong-Soo
12.)     Lee Beom-Soo            sebagai                        Yong-Chul

Lee Eun-Hee sebagai penulis dari cerita ini ingin mengingatkan kambali kepada para penonton tentang indahnya masa-masa remaja. Masa remaja dimana kita pertamakali merasakan indahnya jatuh cinta. Selain itu, masa remaja juga merupakan masa dimana kita benar-benar bisa merasakan eratnya sebuah persahabatan. Ketika seseorang sedang menjalani masa remajanya, setiap waktu dirasa sangat berharga. Waktu dimana kita berangan tentang cita-cita di masa depan. Seperti halnya Soo-Ok yang ingin menjadi penyiar di sebuah stasiun radio, tetapi dia tidak bisa mewujudkan impiannya karena penyakit yang dideritanya. Namun, Beom-Sil bertekad untuk mewujudkan keinginan Soo-Ok yang merupakan cinta pertama Beom-Sil. Beratnya beban hidup yang harus dipikul menyebabkan tumbuhnya rasa ingin menyerah, tetapi dengan adanya sahabat yang setia dalam suka maupun duka membuat semuanya menjadi tak berasa. Melalui film inilah Lee Eun-Hee ingin menyampaikan kembali dan membuat kita bernostalgia pada masa-masa remaja yang hanya terjadi sekali dalam hidup.
Dibuka dengan seorang radio DJ bernama Hyung Joon (Park Yong Woo) yang memiliki sikap cuek dan tidak peduli dengan complain dari rekan kerjanya yang menganggap dirinya adalah faktor rating turun. Tiba-tiba, Hyung Joon mendapat sebuah kiriman paket berisi diary dan surat yang berisi bahwa si pengirim ingin isi diary itu disiarkan olehnya. Hyung Joon pun melihat nama si pengirim dan terkejut melihat namanya. Pada tahun 1991, diceritakan 5 anak yang selalu bersama-sama di musim panas. Mereka adalah Beom Sil (Do Kyung Soo), Soo Ok (Kim So Hyun), Gae Dok (David Lee), Gil Ja (Joo Da Young) dan San Dol (Yeon Joon Suk). Beom Sil mencintai Soo Ok secara diam-diam dan menerima keadaan Soo Ok apa adanya meski tidak bisa berjalan dengan sempurna karena kakinya. Soo Ok yang memiliki impian untuk menjadi Radio DJ selalu melakukan siaran kecil dikamarnya setiap malam, dan saat itu juga, Beom Sil selalu mendengarkannya lewat jendela kamar Soo Ok secara rahasia. Beom Sil pun selalu melindungi Soo Ok dan melakukan apapun yang Soo Ok mau. Sampai suatu saat, sebuah kejadian terjadi dan mulai mengancam persahabatan 5 anak itu serta cinta Beom Sil kepada Soo Ok.
Film ini menyajikan dua latar yang sangat berbeda. Dimana pada awal film berlatar pada kehidupan kota pada saat ini di Korea Selatan. Namun ketika memasuki inti film, dimana ketika sang DJ radio mengingat saat remajanya, kita akan disuguhkan dengan damainya kehidupan di pesisir Korea Selatan pada tahun 90-an. Dengan adanya dua latar berbeda dari film ini, kita dapat melihat bagaimana kehidupan warga di pesisir Korea Selatan 25 tahun yang lalu. Kita dapat melihat bagaimana perjuangan anak daerah pesisir yang harus menyebrangi lautan untuk pulang dari sekolah sewaktu mereka libur. Film ini juga menampilkan beberapa adegan yang memuat lagu-lagu terkenal pada tahun 90-an. Sehingga yang melihatnya juga akan ikut bernostalgia akan kehidupan sebelum tahun millennium tiba.
Dalam film ini, nama yang digunakan oleh tokoh saat remaja dan dewasa berbeda. Dimana pada masa remajanya mereka menggunakan nama panggilan dari masyarakat, sedangkan saat dewasa mereka menggunakan nama lahir mereka. Tidak ada keterangan atau pun pengenalan pergantian nama tokoh dalam film ini. Penonton mungkin kebingungan dalam menentukan mana dari keempat tokoh dewasa yang merupakan wujud dewasa dari keempat sahabat Soo-Ok. Meskipun dirilis secara internasional, namun daftar pemeran dan para kru film ini hanya ditulis dalam Hangeul, tidak ada pelatinan dari aksara Korea tersebut dalam pembukaan maupun penutup film.
Tidak ada salahnya untuk menonton film ini bersama dengan orang-orang terdekat. Karena film ini tidak semata mata hanya membahas persoalan cinta saja, namun film ini juga mengisahkan ccerita persahabatan 5 orang remaja yang hidup di pesisir pantai. Film ini juga cocok dijadikan sarana untuk bernostalgia ke masa 1990-an bersama rekan-rekan sebaya maupun keluarga.


Anggota Kelompok
1.         Diyah Ayu Anggita       
2.         El Syifa Putri W                     

          3.         Tiana Putri N                 

1 komentar


EmoticonEmoticon